Jurnal Riset Komunikasi
Vol 2 No 2 (2019): Agustus 2019

PEMETAAN MEDIA MASSA DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI POLITIK PADA PILKADA KOTA TANJUNGPINANG 2018

Uly Sophia (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Noviwinarti Noviwinarti (Universitas Maritim Raja Ali Haji)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Dalam penyelenggaraan pemilihan walikota Tanjungpinag 2018 terdapat media komunikasi politik (kampanye) yang digunakan oleh kandidat. Seiring dengan berkembangnya globalisasi, penggunaan media sosial semakin tinggi. Bagaimana pemetaan media massa dan media sosial sebagai saluran komunikasi politik pada Pilkada Kota Tanjungpinang 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemetaan media massa dan media sosial sebagai saluran komunikasi politik pada Pilkada tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yang menjadi populasi di dalam penelitian ini yaitu seluruh DPS Pilkada Kota Tanjungpinang. Pengambilan sampel menggunakan teknik multi-stage stratified sample. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan wawancara, Hasil jawaban kuesioner kemudian disusun, dianalisa dan disajikan untuk memperoleh gambaran sistematis tentang kondisi dan situasi yang ada. Hasil penelitian sementara menunjukkan bahwa untuk kategori media Elektronik di dominasi oleh TanjungpinangTV sebesar 51%, untuk kategori media Cetak maka Tanjungpinang Pos mendominasi dengan persentase sebesar 54%. Kategori media Sosial di dominasi oleh Facebook dengan persentase 60%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrk

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM) Print ISSN 2615-0875 | Online ISSN 2615-0948 is a scientific journal published by Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Riau Region. JURKOM focuses on communication issues in general including communication science, journalism, Public Relations, ...