Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP)
Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019

Peningkatan Keterampilan Menyusun RPP Melalui Metode Bimbingan Kelompok Guru SDN Gedangan 3 Tahun 2018/2019

Murtadlo, Muhammad Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2019

Abstract

Kondisi riil menunjukkan semua guru SDN Gedangan 3 memiliki RPP hasil dowload dari internet tanpa revisi. RPP ini tidak tersusun secara lengkap dan sistematis, tidak digunakan, hanya melengkapi kewajiban administrasi. Solusi mengatasinya melalui Penelitian Tindakan Sekolah dengan judul ?Peningkatan Keterampilan Menyusun RPP melalui Metode Bimbingan Kelompok Guru SDN Gedangan 3 Tahun 2018/2019?. Dipilih bimbingan kelompok karena: 1) SDN Gedangan 3 memiliki sarana yang terbatas, dan 2) terdapat perbedaan kemampuan individu guru dalam minat belajar. Tujuan penelitiannya mengacu pada rumusan masalah, untuk 1) meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun RPP, dan 2) mendapatkan informasi pelaksanaan metode bimbingan kelompok yang dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun RPP sesuai Standar Proses. Penelitian ini diadakan dalam dua siklus. Instrument pengumpulan data menggunakan tes tulis, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasilnya adalah: 1) Nilai RPP yang disusun oleh guru mengalami peningkatan. Nilai rata-rata RPP pra siklus 60,37%, meningakat secara berturut-turut pada siklus I dan II yakni 67,75% dan 98,5%. 2) Setelah mengikuti bimbingan kelompok, seluruh guru telah memiliki keterampilan yang tinggi dalam penyusunan RPP. Nilai RPP guru-guru SDN Gedangan 3 pada siklus II sudah sangat baik, seluruhnya memperoleh minimal 92%, bahkan sebanyak 6 orang (75%) mencapai nilai 100%, melampaui indikator keberhasilan sebesar 89% sehingga dinyatakan tuntas. Adapun nilai rata-rata keberhasilan mereka pada siklus II adalah 98%. Hal ini membuktikan bahwa bimbingan kelompok yang dilakukan dapat meningkatkan keterampilan guru SDN Gedangan 3 dalam penyusunan RPP

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) publishes articles of theoretical or practical interest to those engaged in Educational Management and Educational ...