Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan
Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019

Penguatan Proses Kognitif Melalui Pendekatan Student Centered Learning (SCL) Pada Materi Perencanaan dan Pengembangan Tes Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Abdul Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Penguatan proses kognitif melalui Pendekatan Student Centered Learning (SCL) pada Materi Perencanaan dan Pengembangan Tes Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam merupakan kegiatan tindak lanjut atas keadaan mengenai kemampuan mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memahami Materi Perencanaan dan Pengembangan Tes Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam masih rendah. Keadaan ini ditengarai akibat mahasiswa belum menguasai kemampuan prasyarat, prosedural, dan kemampuan kognitif yang diperlukan dalam merencanakan dan mengembangkan tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penerapan Student Centered Learning (SCL) diharapkan dapat menjadi pendekatan pembelajaran yang inovatif yang dapat memberi penguatan proses kognitif bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan ilmiah secara maksimal dalam merencanakan dan mengembangkan tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil instruksional menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai bagian SCL pada Materi Perencanaan dan Pengembangan Tes Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Teknik instruksional SCL khususnya pembelajaran berbasis masalah dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan perencanaan dan pengembangan tes hasil belajar dengan melibatkan berbagai atribut yang dapat menguatkan proses kognitif; b) Atribut-atribut softs skills mahasiswa yang bersesuaian dengan atribut-atribut SCL yang diintegrasikan dalam proses kognitif mahasiswa pada kegiatan perencanaan dan pengembangan tes hasil belajar adalah: berfikir kritis dan analitis; kerjasama, diskusi, kemampuan dokumentasi, presentasi, merupakan penekanan dari pemecahan masalah; c) Implementasi SCL dalam kegiatan perencanaan dan pengembangan tes hasil belajar berdampak pada penguatan proses kognitif mahasiswa dalam perencanaan dan pengembangan tes hasil belajar; dan d) Implementasi SCL dalam perencanaan dan pengembangan tes hasil belajar cukup efisien digunakan, karena mahasiswa mampu mengembangan kemampuan proses kognitif sebagai bagian pengetahuan metakognitf yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran bermakna

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Description

Jurnal Lentera: Jurnal studi Pendidikan diterbitkan oleh Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Sumbawa Barat. Lentera terbit bulan Januari dan Juli setiap tahun. Lentera memuat kajian-kajian Ilmiah Pendidikan yang berkaitan dengan inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam ...