Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan
Vol 1 No 2 (2019): Edisi Januari - Juli 2019

Analisis Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah Terkait Peningkatan Budaya Prestasi Sekolah di MTs. Kota Bima

Sri Haryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Peran Kepala sekolah sebagai manajer mempunyai posisi penting dalam meningkatkan kualitas sekolah. atas dasar itu, penelitian difokuskan pada kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi di sekolah. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang dilakukan di MTSN I Kota Bima dan MTS Muhammadiyah Kota Bima. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, wakil kepala sekolah, siswa, kementerian agama dan komite; (2) observasi untuk mendapatkan gambaran tentang keadaan sekolah, pada saat kepala sekolah melakukan rapat dan melakukan pembinaan terhadap guru-guru, dan observasi terhadap kegiatan siswah; dan (3) dokumentasi dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dan di padukan dengan snowball sampling. data yang terkumpul di sekolah di analisis melalui tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan, dan untuk mengecek Kebenaran data di analisis dengan mengunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian sbb: (1) terdapat perbedaan kepemimpinan kedua sekolah sehingga memiliki budaya prestasi yang berbeda; (2) bentuk pembinaan siswa yang dilakukan oleh kedua sekolah berbeda, MTSN I melakukan pembinaan kepada siswa tidak hanya saat mengikuti lomba saja tetapi diadakan setiap minggunya, namun. Hal tersebut berbanding terbalik dengan yang terjadi di MTS Muhammadiyah Kota Bima. Sehingga menyebabkan prestasi kedua sekolah tersebut berbeda

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Description

Jurnal Lentera: Jurnal studi Pendidikan diterbitkan oleh Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Sumbawa Barat. Lentera terbit bulan Januari dan Juli setiap tahun. Lentera memuat kajian-kajian Ilmiah Pendidikan yang berkaitan dengan inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam ...