Abstract This study aims to determine the role of character education in building the personality of students especially at Salem SMA I Salem. The method used in the study is qualitative. This type of research is field research, while the data collection technique uses interviews and documentation. The results of the study indicate that: a. The existence of school activities that functioned for the formation of student character, the role of character education can be found in organizations and in extracurricular activities organized by SMA N 1 Salem b. The relevance of character education in building the personality of students, character education is very necessary to maintain the quality of the personality of students by providing understanding, direction, and assistance so that students display a good personality. Keywords : Education; Character; Personality Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan karakter dalam membangun kepribadian siswa khususnya di SMA Negeri 1 Salem. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Jenis penelitian field research, sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a. Adanya kegiatan sekolah yang difungsikan untuk pembentukan karakter siswa, peran pendidikan karakter dapat ditemukan di organisasi maupun di kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh SMA N 1 Salem b. Adanya relevansi pendidikan karakter dalam membangun kepribadian siswa, pendidikan karakter sangat diperlukan untuk menjaga kualitas kepribadian siswa dengan cara memberikan pemahaman, pengarahan, dan pendampingan agar siswa menampilkan kepribadian yang baik. Kata Kunci : Pendidikan; Karakter; Kepribadian
Copyrights © 2019