Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 1 No. 1 (2018): Volume 1 Nomor 1 Desember 2018

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMAHAMAN TERHADAP PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 009 GANTING KECAMATAN SALO

Nurul Suciana (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan bahwa dalam proses pembelajaran di sekolah tepatnya pada jam pembelajaran sedang berlangsung terlihat adanya beberapa orang siswa sedang mencabut rumput di halaman sekolah. Siswa tersebut sedang menjalani hukuman karena tidak mengerjakan PR yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam pemahaman terhadap peserta didik di SD Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas I sampai dengan guru wali kelas VI di SD Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada aspek pemahaman terhadap peserta didik guru wali kelas III dan IV yang lebih mampu memahami peserta didiknya, terlihat dari pemahaman tingkat kecerdasan peserta didik, memahami kreativitas peserta didik, memahami kondisi fisik dalam mengatur posisi tempar duduk, memahami bakat serta minat peserta didik. Sementara pada aspek pelaksanaan pembelajaran guru wali kelas IV dan V selalu mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru wali kelas di SD Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo dalam aspek pemahaman terhadap peserta didik dan dalam aspek pelaksanaan pembelajaran belum tergolong baik. Dilihat dari dua aspek guru wali kelas yang mampu memahami kompetensi pedagogik dengan baik cuma guru wali kelas IV.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a national, multidisciplinary, peer-reviewed, open access journal that promotes the publication of scientific articles in all fields of basic education. As a multidisciplinary journal, the Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) recognizes ...