Artikel ini adalah analisis wacana diskriminasi gender dalam pendidikan. Dengan menggunakan metode kualitatif, studi telaah pustaka ini bertujuan menghasilkan formasi teoritis secara substantif berdasarkan konseptualisasi wacana gender dan pendidikan. Permasalahan yang diulas adalah apa, bagaimana terjadinya dan apa dampak diskriminasi gender di dalam pendidikan. Studi ini mengaji literatur mengenai tema terkait, dokumen-dokumen formal tentang pengarusutamaan gender serta data kualitatif lainnya dan data sekunder tentang wacana gender. Studi ini menggunakan pendekatan mikro yaitu ?wilayah? proses atau interaksi sosial antara individu-individu dalam proses pembelajaran yaitu siswa dan guru. Hasil kajian adalah diskriminasi gender dalam pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran sebagai kurikulum tersembunyi.Diskriminasi gender dalam pendidikan terjadi karena adanya proses sosialisasi (internalisasi, eksternalisasi dan objektivasi) nilai-nilai gender dalam proses pembelajaran sehingga menguatkan identitas peran gender siswa, yang selanjutnya dapat berdampak pada pencapaian pendidikan yang tidak optimal (shortchanged).
Copyrights © 2018