Systemic: Information System and Informatics Journal
Vol. 2 No. 2 (2016): Desember

Sistem Prediksi Saham Menggunakan Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (Studi Kasus Saham Mingguan PT Astra Agro Lestari,Tbk)

Yuniar Farida (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Informasi mengenai harga saham sangat dibutuhkan oleh investor karena pembelian saham akan dilakukan pada saat harga rendah dan sebaliknya penjualan saham dilakukan pada saat harga tinggi. Untuk memprediksi perubahan harga-harga saham di setiap periode dapat dilakukan penelitian sebagai acuan bagi investor dan manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan. Metode yang digunakan untuk memprediksi yaitu metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS). Pada penelitian ini metode ANFIS diimplementasikan dengan struktur standar ANFIS yaitu lima layer. Namun sebagai data inputan dianalisis menggunakan analisis time series. Kemudian dihitung RSME sistem prediksi tersebut menggunakan data training dan data testing yang diambil secara acak. Hasil perhitungan RSME dalam proses prediksi diharapkan mengetahui pengolahan data untuk time series begitupun untuk mendapatkan error terkecil sebesar 0,001.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

SYSTEMIC

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SYSTEMIC (Information System and Informatic Journal) publishes articles on information technology from various perspectives, including literature studies, laboratory studies, and field studies. The journal prioritizes studies related to the theme: -Information System -IT Governance and Management ...