Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran (September 2019)

Penerapan Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas XI IPS di SMAN 6 Padang

Dilla Yulia Vermana (UNP)
Ike Sylvia (UNP)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan kerjasama siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 6 Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama siswa . Hal tersebut dirasakan oleh guru mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri6 Padang. Oleh karena itu upaya yang cocok untukmeningkatkan kerjasama siswa dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat yaitu denganmenggunakan model Group Investigation. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Padang yang berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi yang memuat indikator kerjasama siswa. Pada penelitian ini peneliti menetapkan batasan keberhasilan peningkatan kerjasama pada kategori baik yaitu pada interval 61% keatas. Hasil penelitian terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan rumus persentase P=(F/N)X100%. Hasil penelitian menunjukan terdapatnya peningkatan dan penurunan kerjasama siswa dengan penerapan model Group Investigation. Secara keseluruhan tingkat kerjasama siswa dari siklus I sebesar 46% meningkat menjadi 72% pada siklus II dengan besar peningkatan 26%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sikola

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model ...