Jurnal Jejaring Matematika dan Sains
Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Jejaring Matematika dan Sains

Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Palangka Raya Dalam Proses Analisis Artikel Ilmiah

Farcis, Fenno (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Palangka Raya sebagai salah satu LPTK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi lapangan dari 40 mahasiswa sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling untuk melihat proses analisis artikel ilmiah dalam kegiatan pembelajaran dan menentukan kategori akademik mahasiswa.  Data yang terkumpul berupa dokumen tertulis mahasiswa dan hasil wawancara dideskripsikan dan dianalisis setelah diadakan reduksi dan diperiksa keabsahannya dengan menggunakan metode triangulasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan fisika Universitas Palangka raya dalam proses analisis artikel ilmiah adalah: 1) interpretasi 37,5%, 2) analisis 32,5%, 3) evaluasi 27,5%,  4) inferensi 22,5%, 5) eksplanasi 22,5%, dan 6) regulasi diri 12,5% dengan rerata persentase 25,8%. Perlu dilakukan upaya sistematis memperbaiki proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon pendidik fisika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Jejaring Matematika dan Sains dikelola oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Palangka Raya Dengan e-ISSN 2686-1658, merupakan wadah bagi peneliti yang bergerak dibidang Sains khususnya Fisika, Kimia dan Biologi serta penelitian di bidang Matematika untuk dapat ...