J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2019): J-PiMat

PENERAPAN MULTIMETODE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA

Anita Sri Rejeki Hutagaol (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Melinda Rismawati (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
09 May 2019

Abstract

Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting dalam mempelajari matematika. Dengan pemahaman konsep yang dalam, siswa akan dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematis serta dapat memecahkan masalah matematis dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis mahasiswa S1 Prodi PGSD dengan menggunakan multimetode. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang teridi dari 2 siklus`dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 prodi PGSD kelas Mipa Semester 6 yang berjumlah 38 mahasiswa. Sumber data yang digunakan yaitu: lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan multimetode, pemahaman konsep matematis mahasiswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan pada siklus 1 pemahaman konsep matematis mahasiswa mencapai 77 % dan pada siklus 2 mencapai 100% sehingga peningkatan pemahaman dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 23%.  Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Multimetode

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...