J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2019): J-PiMat

ANALISIS KESALAHAN KONSEP SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL ULANGAN MATEMATIKA DENGAN METODE NEWMAN

Melinda Rismawati (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Margareta Asnayani (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2019

Abstract

Tujuan utama penelitian adalah mendeskripsikan kesalahan konsep dalam menyelesaikan soal ulangan matematika dengan metode Newman pada siswa kelas IV SD Negeri 29 sungai puang tahun pelajaran 2018/2019.Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif.Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian  adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 29 Sungai Puang Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 14 orang siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konsep yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal ulangan matematika materi operasi hitung campuran yaitu (1) kesalahan membaca sebesar 11,86% tergolong rendah; (2) kesalahan memahami sebesar 25,09% tergolong cukup tinggi; (3) kesalahan transformasi sebesar 20,18% tergolong rendah; (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 29,68% tergolong cukup tinggi; (5) kesalahan kesimpulan sebesar 13,04% tergolong rendah. Kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa adalah kesalahan keterampilan proses karena siswa kurang teliti dan kurang terampil dalam berhitung. Peranan guru dalam mengatasi kesalahan konsep siswa: 1) menyediakan berbagai aktivitas dalam pembelajaran matematika; 2) menggunakan media pembelajaran, memberikan latihan agar siswa belajar mandiri, menggunakan model pembelajaran yang menarik. Kata Kunci: Kesalahan, Konsep, Ulangan,  Matematika, NEWMAN

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...