INTERAKSI : Jurnal Kependidikan
Vol 8, No 2 (2013): JURNAL KEPENDIDIKAN INTERAKSI

TEORI DIENES DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Ukhti Raudhatul Jannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2013

Abstract

Abstrak: Dienes mengemukakan bahwa tiap-tiap konsep atau prinsip dalam matematika yang dijsakian dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami dengan baik. Ini mengandung arti bahwa benda-benda atau obyek-obyek dalam bentuk permainan akan sangat berperan bila dimanipulasi dengan baik dalam pelajaran matematika. Jika matematika diajarkan dengan teori Dienes (permainan), maka siswa akan lebih tertarik untuk belajar. Teori Dienes terdapat enam tahap berurutan dalam belajar matematika, yaitu: (1) Permainan bebas (free play), (2) Permainan yang menggunakan aturan (games), (3) permainan mencari kesamaaan sifat (searching for comunities), (4) Permainan dengan representasi (representation), (5) Permainan dengan simbulisasi (symbulizaion), (6) Formalisasi (formalization).

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jurnal_interaksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Kependidikan Interaksi Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. ...