Ubiquitous: Computers and its Applications Journal
Vol 1, No 1 (2018): Desember 2018

PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HURUF AKSARA JAWA BAGI ANAK DIDIK SETINGKAT SLTP

Denni Suryo Laksono (Universitas Maarif Hasyim Latif)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi yang kian semakin meningkat, menjadikan perkembangan teknologi ini memudahkan manusia dalam segala bidang. Salah satu bentuk dari perkembangan teknologi yaitu Augmented Reality. Augmented Reality merupakan penggabungan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Pada kali ini penulis akan memanfaatkan teknologi augmented reality untuk membuat sebuah media pembelajaran berbasis android yaitu aplikasi pengenalan aksara jawa yang ditujukan kepada siswa setingkat SLTP. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan guru dapat terbantu dalam menjelaskan materi aksara jawa kepada siswa sehingga akan menarik minat siswa untuk belajar serta dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru dalam mempelajari aksara jawa. Aplikasi ini akan dijalankan menggunakan smartphone dan kertas (marker) sebagai media. Aplikasi augmented reality pengenalan aksara jawa ini dibuat dengan menggunakan software unity dan blender untuk membuat desain 3D nya serta library augmented reality yaitu Vuforia. Hasil output pada aplikasi ini yaitu aplikasi akan menampilkan objek 3D dilayar smartphone kemudian mengeluarkan suara pelafalan dan informasi dari huruf aksara jawa tersebut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ubiquitous

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Scope of this journal bioinformatics, cloud computing, computational intelligence, computer vision, data mining, information retrieval, digital signal processing, human computer interaction, image processing, mobile computing, networks, virtual reality, augmented reality, web technologies. etc ...