Administraus Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen
Vol. 1 No. 1 (2017): Administraus: Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen

PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN BARITO TIMUR DILIHAT DARI INDIKATOR KINERJA

Kova Ginarta (Pascasarjana STIA Bina Banua Banjarmasin)
Irawanto Irawanto (STIA Bina Banua Banjarmasin)
Akhmad Abdurrahman (STIA Bina Banua Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2017

Abstract

The purpose of this study was to determine the performance of employees and constraints in public services and to find solutions to overcome obstacles in public services at the Regional Revenue Service of East Barito Regency. This research is a qualitative research. The key informant in this research is Head of Regional Revenue Service of East Barito Regency. Data were collected through interviews, observation and documentation.The results showed that: 1) Performance of employees of Revenue Service Office of East Barito Regency seen from performance indicators such as quality, effectiveness and work commitment is good but the quantity of work, the timeliness of task implementation, independence in dealing with work problems on PBB-P2 and BPHTB still not implemented optimally. 2) Obstacles faced in Public Service in the District Revenue Office of East Barito Regency, namely: a) Employee Performance not yet optimal, b) Lack of Employee Competency and Socialization, and c) Lack of Room Facilities Waiting, and 3) Solutions Can Do To Overcoming Obstacles in Public Service in the District Revenue Office of East Barito Regency, namely: a) Employee Development and Evaluation b) Technical Guidance (Bimtek) and Socialization, and c) The addition of waiting room facilities. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pegawai dan kendala dalam pelayanan publik serta untuk mengetahui solusi mengatasi kendala dalam pelayanan publik di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi key informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas  Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Timur. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja pegawai Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Timur dilihat dari indikator kinerja seperti kualitas, Efektivitas dan komitmen kerja sudah baik akan tetapi kuantitas kerja, ketepatan waktu pelaksanaan tugas, kemandirian dalam menghadapi masalah pekerjaan pada pelayanan PBB-P2 dan BPHTB masih belum terlaksana secara optimal. 2) Kendala Yang Dihadapi Dalam Pelayanan Publik Di Dinas  Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Timur, yaitu : a) Kinerja Pegawai yang belum optimal, b) Kurangnya Kompetensi Pegawai dan Sosialisasi, dan c) Kurangnya Fasilitas Ruang Tunggu, dan 3) Solusi Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Kendala Dalam Pelayanan Publik Di Dinas  Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Timur, yaitu : a) Pembinaan Pegawai dan Evaluasi b) Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi, dan c) Penambahan Fasilitas ruang tunggu.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

administraus

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau gagasan dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang Ilmu Administrasi. ...