Jurnal Tecnoscienza
Vol. 3 No. 1 (2018): TECNOSCIENZA

Eksperimentasi Metode Team Teaching dan Ceramah terhadap Hasil Belajar pada Materi Bangun Datar

Nurina Kurniasari Rahmawati (STKIP Kusuma Negara)
Muhamad Safa’udin (Universitas Kahuripan Kediri)
Yunita Setiawati (STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah metode pembelajaran yang memberikan hasil belajar yang lebih baik antara metode pembelajaran Team Teaching dan metode Ceramah pada siswa kelas VII materi bangun datar. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasy experiment) dan menggunakan dua metode pembelajaran yang berbeda pada masing-masing sampel. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Pada uji normalitas diperoleh hasil bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Kemudian pada uji homogenitas diperoleh hasil bahwa variansi kedua sampel homogen. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nila thitung = 3,11 > ttabel=2,0021 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Team Teching memberikan hasil belajar matematika siswa yang lebih baik dari metode ceramah pada materi bangun datar di kelas VII SMPN 2 Serang BaruBekasi. Kata kunci: Hasil Belajar, Team Teaching, Ceramah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

TECNOSCIENZA

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Mathematics Other

Description

TECNOSCIENZA is an academic journal on the issued related to engineering, earth science, and technology. Published actually in April and October. It is open to all scientist, researchers, education practitioners, and other scholar. Therefore this journal welcomes to various topics that have recieved ...