JURNAL KOULUTUS
Vol. 2 No. 2 (2019): JURNAL KOULUTUS

KETERAMPILAN KOMUNIKASI SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MATEMATIS MELALUI PENERAPAN RECIPROCAL LEARNING BERORIENTASI KEBANGSAAN

Imam Suhaimi (Universitas Kahuripan Kediri)
Muhamad Safa'udin (Universitas Kahuripan Kediri)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2019

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan Reciprocal Learning berbantu metrik ingatan dalam mengembangkan keterampilan komunikasi sosial pada pembelajaran bahasa Inggris Berbasis Matematis Berorientasi Kebangsaan, 2) Untuk menjelaskan pengembangan keterampilan komunikasi sosial siswa pada pembelajaran bahasa Inggris berbasis matematis berorientasi kebangsaan setelah diterapkannya Reciprocal Learning berbantu metrik ingatan, 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan komunikasi sosial siswa pada pembelajaran bahasa Inggris berbasis matematis berorientasi kebangsaan melalui penerapan Reciprocal Learning berbantu metrik ingatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan mixed methods (metode kombinasi), subjek penelitian ini adalah siswa SMP PGRI Bendo Pare dan SMP Al-Ikhlas Tarokan Kediri. Instrumen untuk mengumpulkan penilaian validator data terdiri dari RPP dan buku siswa. Untuk pengukuran yang bertujuan mengukur kemampuan komunikasi sosial menggunakan lembar observasi RPP pelaksanaan, kuesioner (angket) terhadap kuisioner, guru kepada siswa, dan lembar kegiatan penilaian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris berbasis matematis berbantu matrik ingatan melalui penerapan reciprocal learning berwawasan kebangsaan berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh guru dan siswa, secara keseluruhan kemampuan keterampilan komunikasi sosial siswa berkembang dengan baik pula. Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi Sosial, Reciprocal Learning, Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Matematis,Metrik Ingatan, Kebangsaan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

koulutus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal of Koulutus is published twice a year (March and September), contains research or reviewing on Education and learning.The authors may discuss about the teaching culture, teaching method and others teaching matters in every education levels. Journal of Koulutus is managed by LPPM of University ...