Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal)
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Perkeretaapian Indonesia Volume 2 Nomor 1 Tahun 2018

Analisis Perhitungan Teknis Brake Cylinder 10 inch dan 12 inch Pada Gerbong Terbuka (Studi Kasus : Gerbong Terbuka Di Balai Yasa Surabaya Gubeng)

Wahjono, Hari Boedi (Unknown)
Zulkarnain, Akbar (Unknown)
Rukai, Royyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan brake cylinder dari ukuran 10 inch menjadi 12 inch pada Gerbong Terbuka, karena Gerbong Terbuka ini merupakan satu ? satunya gerbong yang memiliki dua buah brake cylinder berbeda dengan gerbong yang lainnya. Penelitian dilakukan dengan menghitung presentase pengereman pada penggunaan brake cylinder tipe ukuran 10 inch dan 12 inch pada gerbong Terbuka yang digunakan di Balai Yasa Surabaya Gubeng. Menghitung waktu kerja dan waktu release pada brake cylinder dengan ukuran 10 inch dan 12 inch dari tekanan 0,4 ? 3,8 kg/cm2. Menghitung jarak pengereman dengan asumsi jenis lokomotif dan jumlah gerbong yang ditarik sama. Penelitian menghasilkan waktu kerja dan waktu release mendapat hasil yang bervariasi yaitu waktu kerja lebih cepat pada BC 12 inch dan waktu release lebih cepat pada BC 10 inch. Hasil presentase pengereman yang sudah didapatkan dari penghitungan dengan standar presentase pengereman adalah 40 % <l£ 120 %. Dari standar yang ditentukan sesuai UIC, pada penggunaan brake cylinder 10 inch tidak memenuhi syarat pada hasil perhitungan presentase pengereman saat muatan penuh, dan untuk brake cylinder dengan ukuran 12 inch dapat memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Hasil presentase tekanan blok rem yang sudah didapatkan dari penghitungan dengan standar presentase pengereman adalah 30% <þ£85 %. Dari standar yang ditentukan sesuai UIC, pada penggunaan brake cylinder 10 inch tidak memenuhi syarat pada hasil perhitungan presentase tekanan blok rem muatan penuh, sedangkan untuk brake cylinder dengan ukuran 12 inch memenuhi. Jarak pengereman yang diperoleh dari hasil simulasi hitungan dengan faktor yang sudah ditentukan memperoleh hasil dengan jarak pengereman untuk BC 12 inch lebih dekat daripada yang menggunakan BC 10 inch. Untuk menyempurnakan hasil penelitian ini perlu dilakukan pengujian terhadap komponen brake cylinder secara dinamis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Engineering Mechanical Engineering Transportation

Description

Indonesian Railway Journal, e-ISSN 2656-8780 p-ISSN 2550-1127, is a research journal on railway engineering and technology that publishes articles in the field of mechanical railway engineering, electrical railway engineering, buildings and railway lines engineering, railway transportation ...