JSR : Jaringan Sistem Informasi Robotik
Vol 2, No 1 (2018): JSR : Jaringan Sistem Informasi Robotik

PENERAPAN JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK MEMPREDIKSI VOLUME PEMAKAIAN AIR DENGAN METODE BACKPROPAGATION (STUDI KASUS PT. PDAM KOTA PADANG)

Khelvin Ovela Putra (AMIK Mitra Gama)
Gunadi Widi Nurcahyo (Unknown)
Julius Santony (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini menerapkan Jaringan Syaraf Tiruan menggunakan algoritma Backpropagation untuk memprediksi kebutuhan konsumsi air. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat hasil prediksi dan diharapkan dapat memecahkan masalah kebutuhan konsumsi air. Perhitungan menggunakan aplikasi Matlab berdasarkan nilai epoch dan MSE(Mean Square Error). Data yang digunakan diperoleh dari PT. PDAM Kota Padang, data tersebut dibagi menjadi data pelatihan dan data pengujian dengan variabel-variabel yang telah ditentukan. Arsitektur jaringan yang digunakan dalam melakukan prediksi adalah pola arsitektur 5-2-1. Setelah proses data selesai, hasil perhitungan dengan algoritma Backpropagation dilakukan perbandingan dengan data aktualnya. Hasilnya adalah prediksi jumlah kebutuhan konsumsi air minum dengan proses pelatihan dan pengujian menghasilkan output aktual sebagai target yang dicapai. Kata Kunci: Jaringan Syaraf Tiruan, algoritma Backpropagation, Software Matlab, Prediksi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sistem Informasi Robotik (JSR) diterbitkan oleh LPPM AMIK Mitra Gama. JSR adalah jurnal open akses dengan pelibatan mitra bestari (peer-reviewed). JSR terbit dua kali dalam setahun, Maret dan September. JSR mempublikasikan naskah asli yang memiliki kontribusi kepada state-of-the-art dan ...