Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Vol 1 No 2 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science

RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA SMP NEGERI 8 PALOPO

Mutia, Andi Nurul (Unknown)
Apriyanto, Apriyanto (Unknown)
Hakam Dani, Ahmad Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi yang dapat membantu siswa SMP dalam memahami obyek bangun ruang pada mata pelajaran matematika dan mengetahui tingkat kelayakan aplikasi yang dikembangkan ditinjau dari aspek functional dan usability. Penelitian dan pengembangan aplikasi menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang bertujuan menghasilkan produk tertentu serta menguji efektivitas produk tersebut. Produk dikembangkan dengan menggunakan metode waterfall proscess model. Model pengembangan perangkat lunak waterfall memiliki enam tahapan, yaitu system enginering (perancangan sistem), analysis (analisis), design (perancangan), coding (pengkodean), testing (pengujian) dan maintenance (pemeliharaan). Aplikasi media pembelajaran bangun ruang ini menggunakan Unity 3D diuji melalui metode Black Box Testing dan pengujian kuesioner. Dengan adanya aplikasi pembelajaran tersebut dapat membantu guru dalam mengajarkan materi bangun ruang melalui media aplikasi sehingga proses belajar lebih interaktif dan sebagai alternatif lain bagi siswa untuk belajar materi bangun ruang di luar sekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

klasikal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science [p-ISSN 2656-9914| e-ISSN 2656-8772] publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of education, language teaching and science in primary education, secondary education and higher ...