Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Vol 1 No 2 (2019): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science

ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI MAKASSAR: (Studi Kasus Siswa Kelas V SDN Inpres Panaikang II/1 Makassar)

Nasiruudin, Fathimah Az.Zahra (Unknown)
Hayati, Hayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar, Fathimah Az.zahra Nasiruddin, Universitas Bosowa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SD Inpres Panaikang II/1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Panaikang II/1 Makassar yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan menyelesaikan soal operasi hitung pecahan, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1. kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung pecahan yaitu a. Siswa kesulitan atau lemah dalam melakukan perhitungan, pengurangan, perkalian dan pembagian. b. Siswa kesulitan dalam memahami konsep operasi hitung pecahan. c. Siswa kesulitan dalam membedakan penyebut dan pembilang. 2.Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yaitu : a. Guru mengajar terlalu cepat. b. Suasana kelas tidak kondusif. c. Teman pergaulan yang tidak mendukung. d. Siswa tidak menyukai matematika. e. Siswa malas belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

klasikal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science [p-ISSN 2656-9914| e-ISSN 2656-8772] publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of education, language teaching and science in primary education, secondary education and higher ...