Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruhkesiapan belajar, kepercayaan diri, fasilitas belajar, dan hasilbelajar terhadap minat menjadi guru pada siswa IPS SekolahMenengah Atas Negeri di Kota Tembilahan KabupatenIndragiri Hilir.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptifdan asosiatif.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 216 siswa.Untuk menentukan sampel digunakan teknik Random Samplingdan diperoleh total sampel sebanyak 140 siswa. Tekhnikpengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Kuesioneryang akan disebarkan terlebih dahulu dilakukan uji cobadengan menguji validitas dan realibilitas. Tekhnik analisis datayang digunakan adalah analisis jalur dan uji hipotesisdigunakan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabelkesiapan belajar, kepercayaan diri, fasilitas belajar, dan hasilbelajar siswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadapminat menjadi guru. Keywords: kesiapan belajar, kepercayaan diri, fasilitas belajar,hasil belajar, danminat menjadi guru.
Copyrights © 2018