Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisiscitra objek wisata, word of mouth communication dan pengaruh citra objek wisata terhadap word of mouth communication di Kebun Raya Bogor.Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian penjelasan pada 60 wisatawan yang berkunjung pada objek wisata Kebun Raya Bogor secara kebutulan dengan menggunakan analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra objek wisata Kebun Raya Bogor berada dalam kategori baik. Hal tersebut dapat dilihat dari segi personality, reputation, value dan identity destination. Dilihat dari personality maka wisatawan cukup memahami dengan baik karakteristik dari objek wisata Kebun Raya Bogor. Dari aspek reputation maka objek wisata Kebun Raya Bogor memiliki reputasi yang baik di mata para wisatawan. Kemudian dari aspek value maka wisatawan mempunyai persepsi bahwa nilai-nilai atau budaya pada objek wisata secara umum dapat mendorong kemajuan yang lebih baik lagi. Sementara itu, pada aspek destination identity maka objek wisata memilki identitas perusahaan yang baik yang berperan penting dalam meningkatkan promosi pada wisatawan.Word of mouth communication berada dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari WOM Intensity dan Positive Valence WOM yang cukup sering dilakukan oleh pengelola objek wisata untuk mengenalkan objek wisata pada wisatawan. Dari aspek negative valence WOM maka wisatawan mengemukakan hal-hal yang bersifat negatif sebagai masukan pada objek wisata. Selain itu, dilihat dari WOM content maka isi pesan yang disampaikan oleh pengelola objek wisata mengungkapkan keistimewaan objek wisata. Selanjutnya, citra objek wisata memiliki pengaruhterhadap word of mouth communication sebesar 68,3%
Copyrights © 2016