Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) pada pokok bahasan vertebrata di SMP Negeri 3 Sawang Kabupaten Aceh Utara; dan (2) aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada tanggal 11-15 Februari 2014 di kelas VII3 SMP Negeri 3 Sawang Kabupaten Aceh Utara. Teknik pengumpulan data yang meliputi tahap persiapan dan pelaksaan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS) dapat mentuntaskan belajar siswa pada pokok bahasan vertebrata di SMP Negeri 3 Sawang Kabupaten Aceh Utara, dengan tingkat ketuntasan individual 18 orang siswa, dan secara klasikal telah tuntas 75%; dan (2) Aktivitas guru dan siswa telah mencerminkan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran berorientasi aktivitas siswa (PBAS). Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dalam membimbing siswa berkelompok, diskusi, dan membuat siswa dapat dalam mempresentasi. Aktivitas siswa adalah siswa berdiskusi, mendiskusikan permasalahan-permasalahan dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Kata Kunci: Ketuntasan, belajar, PBAS, vertebrata
Copyrights © 2019