Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 1 (2020): Januari

Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013

Friska Fitriani Sholekah (Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

ABSTRAK Kurikulum 2013 beroientasi pada pengembangan pendidikan karakter peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya integrasi antara mata pelajaran dengan jenjang pendidikan. begitu pula dengan aspek afektif, kognitif serta psikomotorik. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuanhidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman, produktif, kreatif,inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Nilai-nilai karakter yang diimplementasikan dalam kurikulum 2013 dikembangkan pada peserta didik melalui dua sikap yaitu spiritual dan sosial. Spiritual yang dimaksud yakni menjalankan ajaran agama yang dianutnya sedangkan aspek sosial meliputi perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli lingkungan dan percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan. Kata kunci: Pendidikan, Karakter, Kurikulum 2013

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CEJ

Publisher

Subject

Education

Description

CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP2M) Intitut Agama Islam Al-Qodiri Jember . Childhood Education merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang berisikan tulisan ilmiah tentang ...