Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Manajemen dan Bisnis (Terbit Juni 2019)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDRAGIRI (STIE-I) RENGAT

Warnadi, Warnadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat. Perumusan masalah adalah apakah kualitas pelayanan akademik dan fasilitas secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan akademik dan fasilitas secara simultan dan parsial terhadap kepuasan mahasiswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pengambilan sampel dengan Rumus Slovin, yakni sampel sebanyak 323 responden. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Tahun 2019. Alat analisis yang penulis gunakan ialah Analisis Regresi Linear Berganda dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan bantuan Software SPSS Versi 21. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan akademik dan fasilitas secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. (2) kualitas pelayanan akademik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. (3) Fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. (4) Hasil perhitungan uji R, diperoleh nilai R atau korelasi adalah 0,674 artinya mempunyai hubungan yang kuat serta searah antara kualitas pelayanan akademik dan fasilitas dengan kepuasan, maksudnya apabila kualitas pelayanan akademik dan fasilitas meningkat maka kepuasan juga akan meningkat dan diperoleh nilai R Square atau koefisien determinasi (R2) sebesar 0,454 artinya variabel kepuasan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan akademik dan fasilitas sebesar 45,4%, sedangkan sisanya sebesar 54,6% dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lainnya yang tidak diteliti.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmbi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis dimaksudkan sebagai jurnal untuk menerbitkan artikel tentang manajemen dan bisnis. Jurnal Manajemen dan Bisnis menerima manuskrip dalam berbagai topik yakni : Manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen pembangunan daerah, manajemen ...