Respati
Vol 13, No 1 (2018)

Analisis Fitur Website Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Menggunakan CRM Model Proses

Zarkasih, Ahmad (Unknown)
Kusrini, Kusrini (Unknown)
Sudarmawan, Sudarmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2018

Abstract

INTISARIPeranan internet sebagai suatu bentuk teknologi informasi sangat penting bagi instansi/lembaga yang ingin tetap bertahan/bersaing untuk suatu kemajuan, maka dari itu instansi/lembaga tersebut harus mampu beradaptasi dengan teknologi informasi ini sehingga dapat mendukung instansi/lembaganya. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis fitur website UIN dengan menggunakan metode Costumer Relationship Management (CRM), karena metode ini digunakan untuk membantu pihak universitas dalam mengelolah hubungan dengan mahasiswa, dosen dan masyarakat..Hasil survey observasi dan wawancara digunakan dalam menganalisis Fitur Website Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang untuk menghasilkan berupa mockup dari hasil analisa berupa fitur-fitur yang akan diterapkan dalam pengembangan website UIN berdasarkan metode Customer Relationship Management (CRM). hasil dari penelitian ini juga akan berupa rancangan fitur-fitur pada website UIN yang dapat diterapkan oleh perusahaan untuk lebih berinteraksi secara aktif dengan pelanggan dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi pelanggan.. Dengan bantuan dari framework dynamic of CRM dan melakukan strategi CRM dengan sistem rekomendasi baru, dari strategi CRM tersebut maka ditemukan tujuan baru yang lebih dinamis seperti konsep fitur bimbingan, menampilkan fitur data alumni, fitur produk hukum bagi kebutuhan pengguna, fitur informasi seminar dan kegiatan kampus yang akan membantu operasional serta sarana komunikasi, maka dari kondisi inilah kebutuhan teknologi akan menjadi lebih ringan.Kata Kunci : Customer Relationship Management (CRM),  website, fiturAbstractThe role of the Internet as a form of information technology is very important for institutions / institutions that want to stay / compete for a progress, therefore the agency / institution must be able to adapt to this information technology so that it can support the institution / institution. The purpose of this research is UIN website feature feature by using Relationship Management (CRM) method, because this method is used to assist university in managing relationships with students, lecturers and community.The results of observation and interview surveys are used in analyzing the Website Features of Raden Fatah Palembang State Islamic University to generate a mockup of analysis results in the form of features that will be applied in UIN website development based on Customer Relationship Management (CRM) method. the results of this study will also be the design of features on UIN website that can be applied by the company to more actively interact with customers and improve the quality of service for the customer. With the help of the dynamic of CRM framework and performing CRM strategy with new recommendation system, from the CRM strategy, new dynamic goals such as counseling feature feature, alumni data feature, legal product feature for user needs, seminar information feature and campus activities which will help the operational and communication facilities, then from these conditions the needs of technology will become lighter.Key Word : Customer Relantionship Management (CRM), Websites, Features

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnaljti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi RESPATI ialah Jurnal Nasional bidang Informatika, Telekomunikasi, dan Elektronik. Jurnal terbitan berkala ilmiah nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta. Tujuan diterbitkannya Jurnal RESPATI adalah untuk ...