Jurnal Akuntansi dan Manajemen
Vol 16 No 1 (2019)

Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah terhadap Return On Asset melalui Non Performing Financing sebagai Variabel Intervening (pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar diotoritas Jasa Keuangan)

Anisya Dwi Fazriani (Unknown)
Rimi Gusliana Mais (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan murabahah terhadap Return on Assets melalui Non Performing Financing sebagai variable intervening pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK Periode 2013-2018. Penelitian ini menggunakan sampel bank umum syariah yang terdaftar di OJK sebanyak 11 bank dengan periode 2013-2018. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan Purposive Sampling dan dianalisis menggunakan Software Eviews versi 10. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah berpengaruh negatif terhadap ROA. Pembiayaan mudharabah dan murabahah berpengaruh negatif terhadap NPF. Sementara pembiayaan musyarakah berpengaruh positif terhadap NPF. NPF tidak berpengaruh terhadap ROA. Pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif terhadap ROA melalui NPF sebagai variabel intervening. Pembiayaan musyarakah dan murabahah berpengaruh positif terhadap ROA melalui NPF sebagai variabel intervening.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Akuntansi dan Manjemen (JAM) has been published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. JAM published two times a year in April and October. Jurnal Akuntansi dan Manjemen focuses on issues pertaining empirical investigation on Indonesian accounting and management. JAM aimed to ...