Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol 11 No 1 (2019): Journal Pendidikan IPS Vol, 11 Nomor 1, Juni 2019

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA KELAS VI SDN 2 KUALA PEMBUANG I

J-ips, admin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

PENDAHULUANA. Latar Belakang MasalahDalam kehidupan ini, kita senantiasa berhadapan dengan berbagai masalahdan pilihan sehingga dituntut untuk mampu berpikir secara kritis dan kreatif dalammenyelesaikan suatu masalah. Itulah sebabnya mengapa siswa perlu dibiasakanuntuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. IPS sebagai salah satumata pelajaran yang dipelajari di sekolah sangat penting dalam rangkapembentukan manusia yang kreatif, kritis dan inovatif, serta menghargai nilai-nilaiperjuangan bangsa yang sasarannya lebih ditekankan pada pembentukanpemahaman, kesadaran dan wawasan para siswa sebagai bekal kehidupan di masamendatang.Melalui penerapan Metode Problem Solving dalam pembelajaran IPS, siswadiharapkan dapat terlibat secara langsung dalam mencari dan menemukan masalahserta memiliki kemampuan yang optimal dalam memecahkan masalah-masalahyang ada.Dalam kehidupan ini, kita senantiasa berhadapan dengan berbagai masalahdan pilihan sehingga dituntut untuk mampu berpikir kritis dan kreatif. Itulahsebabnya mengapa siswa perlu dibiasakan untuk mengembangkan kemampuantersebut, sehingga nantinya memudahkan siswa dalam memikirkan dan mencarijalan keluar bagi masalah tersebut sebagai suatu proses penyelesaian akan suatumasalah.Kebanyakan kegiatan pembelajaran geografi dibangku sekolah dalam hal inikelas VI SDN 2 Kuala Pembuang I dirasakan siswa sebagai pelajaran yang sangatmembosankan dimana pelajaran geografi hanyalah pelajaran yang menceritakankejadian-kejadian yang tidak akan terjadi lagi yang biasanya menerangkan suatutempat/ruang, waktu/tahun dan nama-nama tokoh/pelaku yang harus diingat dandihafal oleh siswa Selain itu materi dalam pelajaran sejarah juga menerangkantentang sejarah perkembangan bangsa Indonesia yang berisikan banyak konsep -konsep, tahun penemuan, tempat penemuan, pola hidup, hasil-hasilkebudayaannya, membuat peta persebarannya dan mendeskripsikan perkembangankehidupan masyarakat Indonesia pada masa itu. Bahkan ada sebagian siswa yangmenganggap bahwa pelajaran IPS hanya pelajaran tambahan yang tidak disertakandalam Ujian Sekolah (US).Berawal dari kondisi tersebut penelitian ini dilakukan, selain untukmemperbaiki pola pembelajaran, juga diharapkan siswa dapat terlibat secara aktifdan interaktif dalam proses pembelajaran geografi. Dengan demikian gurudiharapkan memiliki kemampuan dalam memilih, menentukan, dan menggunakanmetode pembelajaran yang mampu menciptakan situasi yang kondusif, sehinggasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran IPS. Dalam hal ini gurumemiliki peranan penting dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa dalambelajar.Dengan demikian seorang guru diharapkan memiliki kemampuan untukmenggunakan berbagai strategi dan pendekatan dalam kegiatan pembelajaran 115geografi sehingga peranan guru dapat lebih maksimal dalam mencapai tujuanpendidikan.Berdasarkan latar belakang di atas peneliti berkeinginan untuk menerapkanmetode problem solving dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritissiswa pada pembelajaran geografi.

Copyrights © 2019