Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK DAN/ATAU BENTUK SUATU BENDA DENGAN METODE PRAKTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 SUNGEI HANYO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

J-ips, admin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

ABSTRAKKata Kunci : Hasil Belajar, IPS, PraktikPenelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalampembelajaran IPA materi Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatubenda di kelas (2) Untuk mengetahui persentase ketuntasan hasil pembelajaran IPA materiMemahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda SDN 2 Sungei HanyoTahun Pelajaran 2016/2017. Pembelajaran Praktik adalah sebagai suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atauketerampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah di pelajari. Teknik mengajar ini biasanyadigunakan untuk tujuan agar siswa memiliki kerampilan motorik/gerak, mengembangkankecakapan intelek dan memiliki kemampuan menghubungkan antara sesuatu keadaandengan hal lain.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 2 SungeiHanyo Kecamatan Kapuas Hulu Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 24 orang pesertadidik. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitianini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar individu dansecara klasikal.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ada peningkatan aktivitas pembelajaran padapembelajaran awal sebelum tindakan adalah 42%, dengan ketuntasan hasil belajar 33% dannilai rata-rata 67,63. Dengan dilakukannya tindakan pembelajaran metode Praktik padasiklus I aktivitas meningkat menjadi 67% ketuntasan hasil belajar 67% dan nilai rata-rata70,58, dan pada siklus II dengan persentase aktivitas pembelajaran memenuhi standarketuntasan efektifitas belajar mencapai 100% dengan nilai rata-rata 75,5. Ada Peningkatanhasil pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata pembelajaran dari 67,83 pra tindakanpembelajaran, setelah dilaksanaan pembelajaran dengan metode praktik meningkat menjadi70,58 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 67%. Pada Siklus II rata-rata nilaimeningkat menjadi 75,50 dengan ketuntasan 100%. Direkomendasikan Bagi guru agar bisamelakukan pembelajaran yang inovatif guna mengatasi masalah pembelajaran dan dapatdigunakan sebagai referensi teknik pembelajaran model praktik karena hasil pembelajaranyang baik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2018