Chemistry Education Practice
Vol. 2 No. 2 (2019): November

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Study Card Terhadap Hasil Belajar Kimia

Lalu Ardian Gunawan (Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Sukib Sukib (Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Aliefman Hakim (Pendidikan kimia, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini membahas model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan kartu belajar terhadap hasil belajar bahan kimia yang mendukung penyangga siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi dalam bentuk desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini menambahkan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembar.Metode yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu dengan metode random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol.Pada Belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Individu Assisted Individualization(TAI) berbantuan Kartu ctudy sedangkan PADA Kelas Kontrol diberi telkom DENGAN MENGGUNAKAN Model Pembelajaran konvensional.Uji hipotesis PADA Penelitian Penyanyi menggunakan uji-t.Hasil uji statistik uji-t hitung PADA taraf signifikan 5% penemuan t hitung ( 3,976 )> t tabel ( 1,671) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan kartu belajar memberikan Manfaat yang lebih baik terhadap hasil belajar bahan kimia pokok penyangga siswa kelas XI IPA SMAN 1 LembarKata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization , kartu belajar dan materi pokok larutan penyangga

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...