Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 2 No 2 (2018): Vol.2 No.2 Desember 2018

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN MANYAK PAYED

Syahfitri, Syahfitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Meaningful Intructional Design (MID) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Manyak Payed. pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian desain randomized control group pretest-posttest dengan menggunakan dua kelompok penelitian. Kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran MID dan penelitian kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran MID. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Manyak Payed yang terdiri dari 5 (lima) kelas bejumlah 146 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik undian yaitu dengan membuat gulungan kertas yang berisi semua populasi dari semua kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas, kemudian diambil dua gulungan kertas, gulungan kertas yang pertama sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas VIII C dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian terstruktur terdiri dari 5 butir soal yang telah divalidasi oleh siswa kelas IX B. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh   dan  pada taraf signifikan sehingga dapat diperoleh  yaitu  dan dinyatakan  ditolak dan  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas dari model pembelajaran meaningful intrutional design (MID) terhadap hasil belajar matematika siswa VIII MTs Negeri Manyak Payed.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...