JURNAL AXIOMA : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2019): Januari

Effectiveness of Using "PAKSOBRI" with Quiz Faber to Improve Students' Problem Solving Abilities at Islamic University of Jember

Fury Styo Siskawati (Universitas Islam Jember)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifitasan penggunaan PAKSOBRI denga Quiz Faber untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Jenis dari penelitian ini PTK dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa di Universitas Islam Jember. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa metode dokumentasi, observasi, dan tes. Adapun indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) Ketuntasan perorangan dapat dicapai  mahasiswa apabila seoarang mahasiswa mencapai skor ? 70 dari skor maksimal 100. (2) Mahasiswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalahnya jika indikator kemampuan pemecahan masalah akhir lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah sebelumnya. (3) Siklus I dinyatakan berhasil jika ? 75% mahasiswa tuntas dalam pembelajaran dan Siklus II dinyatakan berhasil jika 85% mahasiswa tuntas dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh yaitu terjadi peningkatn kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa melalui penerapan PAKSOBRI dengan Quiz Faber.Kata kunci: PAKSOBRI, Quiz Faber, pemecahan masalah Abstrack The purpose of this study is to describe the effectiveness of using a PAKSOBRI with Quiz Faber to improve student problem solving skills. The type of the research is CAR with qualitative research. The subject of this study was students at Islamic University of Jember. With the data collection method used consists of methods of documentation, observation, and testing. (1) Individual completeness can be obtained by students agreeing that a student reaches a score of ? 70 from a maximum score of 100. (2) Students improve their problem solving ability if the indicator of the final problem solving ability is better than the previous problem solving ability. (3) Cycle I was declared successful if ? 75% of students completed learning and Cycle II was approved successfully if 85% of students completed learning. The results obtained about an increase in problem solving skills in students through the application of PAKSOBRI with Quiz Faber.Keywords: PAKSOBRI, Quiz Faber, problem solving

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

AXI

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Tujuan adanya jurnal "AXIOMA" adalah sarana bagi pakar, dosen, praktisi pendidikan, peneliti ataupun penulis lainnya untuk mempublikasikan karyanya dalam bidang matematika dan pembelajaran. Khususnya bagi dosen melalui media publikasi ilmiah “AXIOMA” ini dihapkan dapat meningkatkan jumlah ...