JUSIFO : Jurnal Sistem Informasi
Vol 5 No 2 (2019): JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi) | December 2019

Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keagenan PERISAI Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang)

Masdalia Julya Pranita (Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Raden Fatah Palembang)
Dian Hafidh Zulfikar (Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Raden Fatah Palembang)
Catur Eri Gunawan (Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kepuasan pengguna Sistem Keagenan Perisai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang. BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (PERISAI) yang merupakan sebuah inovasi dari BPJS Ketenagakerjaan untuk memperluas cakupan kepesertaan dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui sistem keagenan untuk mengakuisisi pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dan dalam penelitian ini digunakan Model End User Computing Satisfaction, dimana dalam mengukur Sistem Keagenan Perisai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang Model End User Computing Satisfaction terdiri dari 5 faktor yaitu Isi (Content), Akurasi (Accuracy), Bentuk (Format), Kemudahan Pengguna (Ease to Use), dan Ketepatan Waktu (Timeliness) sebagai variabel independen dan kepuasan sebagai variabel dependen. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan, Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pengguna sistem keagenan perisai sebesar 24,5% merasa sangat setuju, 58,0% merasa setuju, 14,0% merasa cukup, 3,5% merasa tidak setuju, dan 0,1% merasa sangat tidak setuju. Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan atau rekomendasi kepada pihak pengelola Sistem Keagenan Perisai BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang dalam memperbaiki dan meningkatkan kepuasan pengguna.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jusifo

Publisher

Subject

Description

JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi) is an Information System Journal that published by Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. JUSIFO (Jurnal Sistem Informasi) publishes numerous research articles concerning the articles that ...