CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
Vol 2, No 2 (2016)

PENGARUH PENERAPAN MODEL AKTIF TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PKN KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

Murni Budiati (STKIP Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2016

Abstract

Model Pembelajaran Team Quis merupakan model pembelajaran yang dapat mempermudah proses penerimaan materi pelajaran yang akan di sampaikan pendidik dengan memilih model yang lebih variatif dan sudah barang tentu mempermudah pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Team Quis pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI (Sebelas) SMA Negeri 2 Kampung Rakyat yang berjumlah 137 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyakk 70 orang siswa kelas XI 2 dan kelas XII 2 .Model Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk hubungan metode pembelajaranTeam Quis (Variabel X ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( Variabel Y ) , dilakukan korelasi product moment diperoleh rhitung> rtabel ,Dengan demikian menunjukkan Terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Team Quis terhadap hasil belajar siswa kelas XI (Sebelas ) SMA Negeri 2 Kampung Rakyat Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Maka dengan Model Team Quis peneliti dapat menerapkan di sekolah dan dapat di gunakan oleh guru yang ada di sekolah sebagai model pembelajaran yang menyenangkan,dengan kata lain model team Quis ini dapat merubah hasil belajar siswa lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat,kecamatan Kampung Rakyat di peroleh data-data yang menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Aktif Team Quistergolong tinggi dalam mata pelajaran Pkn. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

civic

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ...