SOLUSI
Vol 17, No 3 (2019)

ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKADEMIK, STUDI KASUS STIKES HARAPAN BANGSA

Iis Setiawan Mangku Negara (Unknown)
Fania Mutiara Savitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2019

Abstract

ABSTRAK Sistem informasi dan Teknologi informasi berkembang dengan sangatpesat dan berdampak signifikan terhadap segala bidang. Pemanfaatan teknologiinformasi tidak hanya pada pemanfaatan sektor bisnis, tetapi juga sektor publikyang salah satunya adalah lembaga perguruan tinggi. Efisiensi dan efektifitasproses informasi dengan menggunakan sistem informasi hanya akan terjadiapabila teknologi tersebut diterima oleh individu dalam organisasi. Tesis inimerupakan hasil riset yang akan membahas mengetahui faktor – faktor apa yangsajakah yang mempengaruhi penerimaan dosen, mahasiswa dan staf akademikdalam menggunakan Sistem Informasi Akademik STIKes Harapan Bangsa.Sejumlah 200 responden ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Adapun modeladopsi teknologi yang digunakan adalah model Technolgy Acceptance Model.Selain menguji variabel, penelitian ini juga menguji apakah teori TAM dapatdigunakan untuk mengetahui penerimaan pengguna SIAK-SHB di Stikes HarapanBangsa. Analisis data dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Modeling. Berdasarkan hasil dari analisis diperoleh kesimpulan bahwa ActualSystem Use dipengaruhi oleh Behavioral Intention to Use, Behavioral Intention toUse dipengaruhi oleh Perceived Usefulness dan Perceived Usefulness dipengaruhioleh Perceived Easy of Use.Kata Kunci :Technolgy Acceptance Model, Structural Equation Modeling,Penerimaan Pengguna Sistem Informasi Akademik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

solusi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

SOLUSI scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business. Topics raised in journals are adapted to current themes that can help practitioners and academics develop their knowledge and ...