Pembangunan industri kecil antara lain ditujukan untuk meningkatkan keikutsertaanmasyarakat dan kemampuan golongan ekonomi lemah, meratakan kesempatan berusaha. Usahapengembangan industri kecil merupakan pilihan potensial yang menarik dalam programpembangunan ekonomi rakyat. Data primer bersumber dari pengusaha tahu Mekar Sari dan parapedagang yang menjual tahu yang dihasilkan oleh para pengusaha. Data skunder bersumber dariDinas Koperasi Perindustrian dan Perdaganngan Kabupaten Merangin, berbagai literatur yangberhubungan dan lembaga-lembaga terkait lainnya. Data primer yang dihasilkan dianalisis secarakualitatif dan kuantitatif. Saluran pemasaran yang paling efesien bagi pengusaha tahu adalahsaluran pemasaran III (Pengusaha – Konsumen) karena memberikan margin terkecil yaitu sebesar33,19 %. Namun tidak semua pengusaha yang mengolah bahan baku lebih dari 100 Kg dapat menjual produksinya sendiri tanpa melibatkan lembaga pemasaran lainnya. Sedangkan producer's share (bagian harga yang diterima produsen) tertinggi pada pemasaran tahu mentah terdapat pada saluran pemasaran II (Pengusaha – Pedagang di pasar - Konsumen) yaitu 66,82 %.Kata Kunci : Kinerja, Saluran Pemasaran, Industri Kecil
Copyrights © 2017