Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh media video klip dan teknik 5W+1H terhadap aktivitas belajar menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo, (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar menulis cerpen siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo setelah memperoleh pembelajaran menulis cerpen dengan media video klip dan teknik 5W+1H. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket, jurnal siswa, observasi, dokumentasi, dan tes menulis cerpen. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Sikap dan minat siswa mengalami peningkatan ke arah yang lebih positif. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media video klip dan teknik 5W+1H dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Rerata hasil kemampuan siswa dalam menulis cerpen pada prasiklus 66,93, siklus I rerata 70,86, dan siklus II rerata 73,13. Kata kunci: cerpen, video klip, teknik 5W+1H
Copyrights © 2013