Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD N Wonoroto menggunakan strategi belajar PQ4R pada materi menghitung volume kubus dan balok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika di kelas V SD N Wonoroto meningkat dari siklus I ke siklus II. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 69,35% meningkat menjadi 75,05% pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,78 meningkat menjadi 80,65 pada siklus II.Hasil tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 75% untuk rata-rata motivasi belajar siswa dan 70 untuk kriteria ketuntasan minimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD N Wonoroto pada materi menghitung volume kubus dan balok . Kata kunci: Motivasi, hasil belajar, PQ4R
Copyrights © 2014