EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2014): EKUIVALEN

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Khotimah, Khusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2014

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran NHT untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran Matematika; (2) Mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model pembelajaran NHT untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan PTK. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan rerata dan persentase. Hasil penelitian: 1) Langkah-langkah pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami perbaikan. Indikator keberhasilan penelitian sebesar 75% dapat tercapai pada siklus II. 2) Kendala dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam peningkatan keterampilan pemecahan masalah: (a) membutuhkan waktu lama dalam pembuatan nomor; (b) jika tidak bisa menguasai kelas, kelas menjadi gaduh; (c) siswa kurang aktif dalam diskusi. Solusinya yaitu (a) peneliti membuat penomoran sebelum mendekati waktu praktek; (b) peneliti berusaha mengarahkan siswa agar tidak terlalu ribut; (c) peneliti berusaha membimbing secara intensif pada setiap kelompok dan menanyakan kesulitan yang dialami kelompok.   Kata kunci: NHT, pemecahan masalah, pembelajaran matematika

Copyrights © 2014