EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 15, No 3 (2015): EKUIVALEN

EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CRH DAN NHT PADA MATERI BANGUN DATAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Lestari, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantu alat peraga dan untuk mengetahui apakah kepercayan diri siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik dari pada Kepercayaan diri siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantu alat peraga. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Uji prasyarat analisis untuk uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi menggunakan metode Bartlett dengan uji Chi Kuadrat. Uji keseimbangan menggunakan uji t dan untuk analisis data dilanjutkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Multivariat dan dilanjutkan dengan uji Univariat. Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa (1) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantu alat peraga pada materi bangun datar di MTsN 2 Kebumen, (2) kepercayaan diri siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik dari pada Kepercayaan diri siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT berbantu alat peraga pada materi bangun datar di MTsN 2 Kebumen.   Kata kunci: prestasi belajar, kepercayaan diri, CRH, NHT

Copyrights © 2015