EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 16, No 2 (2015): EKUIVALEN

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER

Yuni Purwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII A MTs Miftahul Huda.Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dilaksanakan selama 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 2 metode, yaitu metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Presentase keaktifan belajar siswa pada siklus I yaitu 43,30% dengan kriteria kurang sekali, dan pada siklus II kriteria kekatifan belajar siswa menjadi baik yaitu sebesar 76,67%. Sedangkan ketuntasan prestasi belajar pada saat prasiklus yaitu 40% pada siklus I prestasi belajar siswa meningkat yaitu 53,30% dengan kriteria kurang dan pada siklus II peningkatan prestasi belajar siswa mencapai 80% dengan kriteria baik. Jadi penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika kelas VII A MTs Miftahul Huda pada pokok bahasan segitiga dan segiempat.

Copyrights © 2015