EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 27, No 2 (2017): EKUIVALEN

PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW)

Mukhidin, Mukhidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematis dan prestasi belajar dengan model Think Talk Write (TTW). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII-A MTs Al Islam Jono Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, teknik observasi dan teknik tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase.  Persentase kemampuan komunikasi matematis yang diukur dengan menggunakan lembar observasi pada siklus I sebesar 64,84% dalam kategori cukup, serta pada siklus II persentase kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat menjadi sebesar 76,75% dalam kategori baik. Selain dari lembar observasi, persentase kemampuan komunikasi yang diukur dengan menggunakan tes juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I sebesar 69,84% dalam kategori cukup, serta pada siklus II persentase kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat menjadi 77,96 % dalam kategori baik. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I sebesar 65,62% menjadi 78,12% siswa yang lulus dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa kelas VIII A MTs Al Islam Jono.   Kata kunci: Think Talk Write (TTW), komunikasi matematis, prestasi belajar

Copyrights © 2017