EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 29, No 01 (2017): EKUIVALEN

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Winarsih, Winarsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan selama 12 bulan, dari April 2016 sampai Maret 2017. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa yang terlibat dan aktif mengikuti pembelajaran matematika di kelas dengan pendekatan saintifik. Metode yang digunakan adalah metodekualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Indikator berpikir kritis yang digunakan adalahmenggunakan fakta-fakta secara tepat dan jujur, mengorganisasi pikiran dan mengungkapkannya dengan jelas, logis atau masuk akal, membedakan antara kesimpulan yang didasarkan pada logika yang valid dengan logika yang tidak valid, mengidentifikasi kecukupan data, dan menyangkal suatu argumen yang tidak relevan dan menyampaikan argumen yang relevan. Dari penelitian ini, kemampuan berpikir kritis siswa untuk indikator mengidentifikasi kecukupan data dapat dipenuhi semua subjek dan terdapat subjek yang memenuhi indikator maksimal. Berdasarkan tingkat berpikir kritis (TBK), maka subjek berada pada TBK 0, TBK 1, dan TBK 3. Siswa pada TBK 3 mampu memenuhi kelima indikator berpikir kritis, kemampuan memberikan alasan dan mengkomunikasikan jawabannya dengan baik dan lancar. Dua subjek dengan TBK 1 mampu memenuhi 2 dan 3 indikator, mampu memberikan alasan dan mengkomunikasikan pada beberapa indikator cukup baik. Sedangkan siswa dengan TBK 0 mampu memenuhi satu indikator berpikir kritis untuk keempat soal, kemampuannya untuk memberikan alasan pada jawaban masih kurang tepat dan kemampuannya untuk mengkomunikasikan pada semua indikator masih sangat kurang.   Kata kunci: berpikir kritis

Copyrights © 2017