EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 29, No 2 (2017): EKUIVALEN

PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN UNTUK SISWA SMP

Yuliani, Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan modul dengan pendekatan pemecahan masalah pada pokok bahasan lingkaran yang layak digunakan dalam proses pembelajaran; 2) mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul dengan pendekatan pemecahan masalah untuk siswa SMP.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R and D). Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data pada penelitian ini diantaranya wawancara, validasi, angket dan tes. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul dengan pendekatan pemecahan masalah pada pokok bahasan lingkaran untuk siswa SMP dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation memperoleh hasil valid dari segi kevalidan materi yang dinilai oleh dosen matematika dan guru matematika, memperoleh hasil rerata  3,80. Sedangkan penilaian kevalidan modul dari segi media yang dinilai oleh dosen matematika memperoleh rerata sebesar 3,97 yang memenuhi kriteria valid. Modul yang dikembangkan mendapat respon baik dari guru dengan persentase 85,83% dan respon dari siswa dengan persentase 83,93%. Ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul dikatakan efektif dengan persentase 81,25%. Kesimpulan didapat bahwa modul dengan pendekatan pemecahan masalah yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: modul, pemecahan masalah, lingkaran

Copyrights © 2017