EKUIVALEN - Pendidikan Matematika
Vol 35, No 1 (2018): EKUIVALEN

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Putri, Vilentia Sindy Hermadianti (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nugraheni, Puji (Unknown)
Budiyono, Budiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan sig­nifikan antara(1)kecerdasan linguistik verbal terhadap kemampuan menyelesaikan soal ce­rita mate­ma­­tika;(2)interaksi edukatif ter­hadap ke­mam­puan menyelesaikan soal cerita matema­ti­ka; (3) kecerdasan linguistik verbal dan interaksi edukatif terhadap ke­mam­puan me­nyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuan­titatif bersifat assosiatif. Populasi sebanyak 415 siswa, kemuadian dari 415 populasi diambil sam­­pel sebanyak 83 siswa dengan teknik propotionated random sampling. Metode pengum­pulan data di­lakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, dan tes.Instrumen dalam pe­ne­li­tian ini ada tiga yaitu instrumen tes untuk variabel kecerdasan linguistik verbal dan va­ri­a­bel ke­mam­puan menyele­sai­­kan soal cerita matematika, instrumen angket untuk variabel inter­­ak­si edukatif.Teknik pe­ng­o­lahan data menggunakan pengujian uji prasyarat dan uji hipo­tesis.Peng­ujian prasyarat beru­pa pengujian normalitas dan homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment.Teknik analisis data menggunakan uji prasya­rat dan uji hipotesis. Hasil anali­sis ko­re­lasi product moment menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecer­dasan linguistik verbal deng­an kemampuan menyelesaikan soal cerita ma­te­matika sebesar 0,142%, ada hubu­ng­­­­an yang positif dan sig­nifikan antara in­ter­­ak­si edukatif dengan ke­mam­puan menyelesai­kan soal cerita matematika sebesar 0,080% . Ha­sil analisis korelasi ganda menunjuk­kan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerda­san linguistik verbal dan interaksi edu­katif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita mate­matika siswa sebesar 0,051% (. Dengan de­mi­­ki­an dapat disimpul­kan bah­wa tingkat hubungan antar va­ri­a­bel bebas dan terikat menunjukkan kategori sangat ren­dah.   Kata kunci: kecerdasan linguitik verbal, interaksi edukatif, dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika

Copyrights © 2018