Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajarpada pembelajaran materi kompetensi baterai kelas X TSM B di SMKN 8Purworejo setelah diterapkan pembelajaran metode Tutor Sebaya.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom actionresearch) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari (1)Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subyekpenelitian kelas X TSM B SMKN 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancaradan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalahdeskriptif kuantitatif.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwapenerapan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XTSM B SMKN 8 Purworejo dalam kompetensi baterai. Hasil belajar siswameningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkatmenjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81dengan prosentase pencapaian 84%.Kata kunci : Peer Teaching, Metode Tutor Sebaya, Metode Ceramah, HasilBelajar.
Copyrights © 2018