SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis
No 1 (2005): Jurnal Manajemen & Bisnis

KECENDERUNGAN BERPERILAKU KONSUMTIF: DITINJAU DARI NEED FOR CONFORMITY DAN SOCIAL CLASS

Titin Ekowati (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2005

Abstract

Perilaku Konsumtif merupakan  salah satu tahap yang  mementukan dalam perilaku pembelian. Minat membeli timbul secara psikologis, wajar dan tidak dipaksakan karena adanya perasaan senang terhadap  suatu produk. Minat pembeli tentunya berbeda-beda dalam tiap-tiap individu karena dipengaruhi  oleh berbagai factor yang bersifat eksternal dan internal. Diantara factor tersebut adalah factor need for conformity dan social class.kedua  factor ini, need for conformity (kebutuhan untuk penyesuaian  dengan kelompok) dan social class( kelompok orang yang sama dalam perilaku konsumsinya berdasarkan posisi ekonomi mereka dipasar), sangat berpengaruh  terhadap pola pembelian. Kata kunci :perilaku konsumtif, need for conformity, social class

Copyrights © 2005