Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 5, No 3 (2017): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan ICT Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Labschool Untad Palu

Nurliza, Nurliza (Unknown)
Kade, Amiruddin (Unknown)
Hatibe, Amiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan ICT dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Labschool Untad Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan equivalent preetest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Labschool Untad Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Instrumen hasil belajar fisika siswa adalah tes pilihan ganda yang telah divalidasi oleh validator dan telah di uji validitas item. Hasil analisa data diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 13,13 kelas kontrol 10,50 dengan. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung  > ttabel = 3,16 > 2,04. Maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model  pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan ICT terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas VII SMP Labschool Untad Palu.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...