Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 3, No 3 (2015): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Analisis Konsistensi Respon Siswa SMA terhadap Tes Representasi Majemuk dalam Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus

Ahmad, Ahmad (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)
Darsikin, Darsikin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif  dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil Analisis Konsistensi Respon Siswa SMA kelas XI  Terhadap Tes Representasi Majemuk dalam Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Palu. Subyek penelitian ini terdiri dari 31 orang siswa yang turut serta dalam Tes Representasi dan dipilih 6 responden diminta mengikuti wawancara berdasarkan tingkat konsistensinya. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 18 soal Tes representasi PG. Soal tersebut digunakan untuk memilih responden yang berjumlah 6 orang. Pada tahap wawancara responden menjelaskan alasan yag berhubungan dengan jawaban yang dipilih. Data diperoleh melalui lembar jawaban siswa dan rekaman hasil wawancara. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kekonsistenan siswa berbeda-beda pada tiap jenis representasi, sebagian besar siswa berada pada tingkat konsisten dan tidak konsisten sedangkan yang sangat konsisten hanya sebagian kecil. Kata Kunci: Konsistensi Respon dan Representasi Majemuk

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

EPFT

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) merupakan jurnal elektronik open access yang bertujuan untuk mempublikasi hasil-hasil penelitian terbaru dalam area pendidikan khususnya pada bidang pendidikan fisika meliputi asesment pembelajaran, model pembelajaran dan pengembangan perangkat ...